Selasa, 28 Mei 2013

Arti Dari Jikoshoukai Achan, Beby, Cindy, Delima, Dan Kinal



Ayana Shahab
Meskipun mataku sayu, senyumku selalu menghiburmu. Aku Ayana, panggil aku Achan.

Ayana memakai mata sayu sebagai bagian dari jikoshoukainya. Mata yang sayu itu biasa di ibaratkan dengan tatapan mata yang lemah dan berakhir dengan hati yang sedih. Walau pun begitu, mata yang sayu juga bisa dikaitkan dengan after-effect dari orang yang kurang tidur atau kebanyakan tidur. Untuk kasus Ayana, matanya sayu karena dia kebanyakan tidur; bukan karena dia tipikal pemurung. Ayana sendiri mengakui kalau dia suka tidur dan untuk hal itu, member dan fans pun bisa mengkonfirmasikan hal itu. Karena kalau Ayana menggunakan dua hal yang berlawanan dalam jikoshoukai-nya, cepat atau lambat fans akan melihat bagian mana dari jikoshoukai-nya yang bohong dan itu akan berdampak buruk baginya.

Di kalimat selanjutnya, Ayana membawa kata ‘senyum’ dan ‘menghibur’. Dua kata yang tidak bisa disebutkan kalau orang yang mengatakan itu bukan tipikal orang yang ceria. Jikoshoukai Ayana lebih memfokuskan kepada dirinya yang pengantuk dan suka tidur karena dia tidak menekankan di kalimat selanjutnya ‘senyumku selalu menghiburmu’. Justru kalimat ‘senyumku selalu menghiburmu’ terkesan mendukung kalimat awalnya ‘meskipun mataku sayu’ seperti menggambarkan: aku menghibur kalian dengan aku tidur.

Beby Chaesara Anadila
Selalu rajin belajar dan berlatih keras, aku Beby.

Rajin belajar identik dengan pintar. Beby memilih sebuah kalimat singkat untuk menunjukkan kemampuan akademisnya yang memang tidak biasa, menyelesaikan SMP dalam 2 tahun dengan program sekolah accel. Terlepas dari program sekolah, ini berarti Beby memang pintar dan pandai. Lalu di bagian kedua jikoshoukai-nya, dia juga menambahkan berlatih keras. Kepandaian itu datang dari 2 hal: rajin belajar dan rajin berlatih. Keduanya saling melengkapi dan Beby menunjukkan bahwa kelebihan dirinya dalam pelajaran memang di dapat dari dua hal tersebut yang sudah di pegang erat oleh dirinya.

Jikoshoukai-nya ternyata tidak berhenti di situ saja. Sebagai best dancer di JKT48, Beby kembali memberitahu para fans bahwa kemampuan menarinya adalah murni hasil belajar dan berlatih. Dua hal yang dia lakukan untuk mendapatkan nilai akademis yang tinggi juga menjadi pendukung utama bagaimana dia bisa memiliki kemampuan menari yang dengan mudah mengungguli teman-temannya. Tentunya usahanya dalam rajin belajar dan berlatih keras akan membuahkan hasil di JKT48, sama seperti penggalan lirik lagu di Shonichi: usaha keras tidak akan mengkhianati.

CindyGulla
Seperti gula ceriakan dunia, aku Cindy Gulla.

Gula identik dengan manis dan anak kecil. Tidak ada anak kecil yang tidak suka gula karena gula itu manis dan sesuatu yang manis adalah salah satu trik utama untuk menyenangkan anak kecil. Cindy memakai nama belakangnya yang pengejaannya sama dengan kata ‘gula’ untuk menjadi bagian terkuat dari dirinya: manis. Cindy diakui oleh member, staff, dan fans sebagai member yang sangat manis dan imut seperti anak kecil. Padahal wajahnya memperlihatkan kalau dia adalah anak yang pintar dan haus akan pengetahuan, tapi dia menggunakan pandangan orang tentang dirinya yang manis untuk menjadi identitas dirinya yang kuat.

Bagian terakhir dari jikoushoukai-nya adalah ceriakan dunia. Sekali lagi Cindy menegaskan bahwa dirinya adalah orang yang ceria dan pembawaannya yang ceria akan membuat lingkungan di sekitarnya lebih baik. Orang yang ceria adalah orang yang bisa membangun suasana saat sedang sendu sekali pun dan untuk hal ini: member, staff dan fans pun setuju dengan caranya membangun suasana menjadi ceria dengan kehadirannya yang mengundang kegemasan dan kelucuan. 2 hal yang memang biasa dikaitkan oleh para ahli therapist untuk melepaskan ketegangan dan stress di lingkungan sekitar.
Cindy memang menggunakan nama belakangnya dengan sebaiknya, tapi itu bukan berarti di luar dunia idol, Cindy juga memiliki karakter yang sama. 

Delima Rizky
Menghiburmu dengan senyum semanis madu, aku Delima.

Delima sebenarnya bisa saja menggunakan nama dia dalam bagian jikoshoukai-nya, tapi justru Delima diberikan atau memilih lain. Sama seperti Ayana, Delima menggunakan kata senyum dan menghibur untuk memperkuat karakteristik dirinya. Delima yang memang ramah senyum, menunjukkan bahwa kalimat jikoshoukai-nya memang sejalan dengan salah satu sifatnya yang murah senyum. Bahkan bisa dibilang kalau dari semua member yang menggunakan ‘senyuman’ dalam jikoshoukai-nya, Delima dan Gaby memonopoli kata ‘senyum’ itu. Senyum Delima memang manis dan senyum itu mengundang banyak senyum lain dari member yang lain dan dari fans.

Bagian kedua jikoshoukai Delima mengatakan ‘senyum semanis madu’. Madu memang manis dan sangat bergizi, tidak ada yang meragukan bagaimana madu ambil bagian dalam dunia medis baik itu menyembuhkan penyakit atau menaikkan metabolisme tubuh. Delima percaya dengan senyumnya, dia bisa menghibur semua orang. Dan senyumnya benar-benar bisa menyembuhkan banyak orang, bukan orang yang sakit yang disembuhkan olehnya, tapi mereka yang ‘sakit’ karena sedang sedih, murung atau hal lainnya.

Devi Kinal Putri
Namaku Kinal, aku suka sekali menari. Let’s dance dance dance.

Kinal sudah menyebutkan satu hal terbaik yang dia punya: menari atau dance. Jikoshoukai-nya pun menggunakan kata menari dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Semua dengan satu tujuan: memperkuat hal tersebut supaya saat orang mendengar kata menari atau dance, yang ada di bayangan mereka adalah Kinal. Berkat itu, Kinal sudah merekatkan dirinya dengan kata2 ‘dance’ dan mendapatkan predikat sebagai seorang dancer; tapi hanya terbatas bagi orang awam yang belum tahu persis struktur member di JKT48.

Sebagai cover dance girl, Kinal memang menunjukkan kemampuan dance dan penjiwaan dia lebih baik dibandingkan sebagian besar member. Tapi untuk hal adu teknik dance masih ada yang melebihinya yaitu Beby. Meskipun begitu, pihak official atau mungkin Kinal tetap memutuskan menggunakan kata-kata ‘menari’ dan ‘dance’, itu karena Kinal punya sebuah focus yang jelas. Meski pun ada yang lebih baik darinya, Kinal tetap bangga dengan kemampuan menarinya dan menegaskan bahwa dance adalah identitas yang dibuatnya selama menjadi dance cover girl. 

Source: http://kazurro692.tumblr.com

0 komentar:

Cookie Monster Sesame Street