Selasa, 28 Mei 2013

Arti Dari Jikoushoukai Melody, Nabilah, Rena, Dhike, Dan Rica



Melody Nurramdhani Laksani
Ceria dan bersinar selalu, aku Melody.

Melody menggunakan kata ‘ceria’ dalam bagian pertama jikoshoukai-nya. Ceria bisa berarti selalu berpikir positive dan senang. Apakah kata ini digunakan Melody untuk menggambarkan bagaimana dia diharuskan oleh pihak official untuk selalu ceria atau tidak, mungkin hanya kedua belah pihak yang tahu. Tapi orang yang menanggung banyak beban juga terbiasa menggunakan kata ‘ceria’ untuk menyembunyikan penderitaan yang ada di balik punggung mereka. Semoga saja kata ‘ceria’ yang digunakan Melody memang melambangkan bagian dari dirinya.

Kata ‘bersinar selalu’ mungkin bisa dikaitkan dengan pilihan JOT dengan menempatkan Melody sebagai center JKT48. Ada juga yang mengaitkan ‘bersinar’ untuk menunjukkan kulit Melody yang putih dan mulus. Tapi kata ini lebih bermakna bahwa Melody menarik perhatian sekeliling dengan caranya sendiri. Kata ‘bersinar selalu’ juga biasa dikaitkan dengan bintang; bukan matahari atau bulan. Bintang bercahaya dengan kekuatannya sendiri dan juga memantulkan cahaya yang ada; itulah sebabnya bintang bercahaya di langit dari kejauhan. Melody dikenal orang karena dia memang memiliki kharisma dan menggunakan segala hal yang ada di sekelilingnya untuk menunjukkan pada dunia siapa dirinya.

Nabilah Ratna Ayu
Namaku Nabilah si cerewet. Let’s have fun together.

Bagian pertama dari jikoshoukai Nabilah terkesan sebuah peringatan. Peringatan kalau Nabilah itu cerewet dan biasanya orang cerewet itu cukup menyebalkan. Menjadi yang termuda di JKT48 tidak membuat member ini menjadi minder karena dari layar kaca, theater, bahkan pengakuan orang-orang yang sudah pernah bertemu dengannya; Nabilah terkenal sangat berisik. Tapi ada satu tujuan kenapa Nabilah memilih untuk menjadi cerwet, yaitu bagaimana dia berusaha menghidupkan suasana dengan memancing banyak topik pembicaraan. Sebab ketika orang-orang diam, kemungkinan mereka menikmati suasana menurun; dan Nabilah sebisa mungkin menghindari itu.

Bagian keduanya mengajak orang-orang untuk menikmati kegiatan yang Nabilah lakukan bersama-sama. Ini sebuah ajakan. Dan biasanya untuk mengajak seseorang untuk menikmati suatu hal, sang pengajak harus terlebih dahulu menikmati hal yang dia lakukan. Dalam kasus ini, Nabilah mengajak orang yang sudah mengenalnya (fans) atau yang belum mengenalnya, untuk menikmati JKT48 baik itu dari performance on air, off air atau theater, MC, talk show atau berbagi hal-hal lainnya. Itulah sebabnya Nabilah selalu melakukan segala sesuatu dengan bersemangat dan penuh energy, karena dia tidak bisa mengajak orang lain untuk menikmati kalau dia tidak melakukannya dengan bersemangat.

Rena Nozawa
I’m a dreamer; not yet a writer. I’m Rena, yoroshiku onegaishimasu.

(Indonesia) Rena menghubungkan pemimpi dan penulis untuk sebuah alasan. Saat tidur, kita tidak bisa mengatur jalan mimpi karena setiap mimpi dipengaruhi oleh alam bawah sadar yang mengulang atau meneruskan kejadian yang terjadi selama kita beraktivitas. Sebaliknya seorang penulis membuat dan mengatur jalan cerita sedemikan rupa sehingga sang pembaca bisa hanyut dalam dunia yang diciptakan oleh sang pengarang. Dan tidak sedikit orang-orang yang hanyut dalam cerita tersebut bisa melihat kelanjutan atau bahkan mengulangi hal yang dia baca dalam bentu mimpi. Itulah kenapa sebabnya Rena mengaitkan dua buah pekerjaan yang sekilas tidak berhubungan.

Pertama-tama, Rena mengakui kalau dirinya menikmati dunia fantasy yang biasa disebut sebagai pemimpi; ‘I’m a dreamer’. Lalu dilanjutkan dengan sebuah pernyataan bahwa Rena memang belum bisa menulis sebuah cerita dimana para pembacanya bisa ikut merasakan dunia yang dia buat: ‘not yet a writter’. Di bagian terakhir, Rena memperkenalkan dirinya dengan bahasa Jepang. Ini bisa diartikan bahwa Rena menginginkan bimbingan dari orang-orang yang ditemuinya. Karena dia masih banyak harus belajar, Rena memilih untuk belajar bersama-sama dengan setiap orang yang ada di sekitarnya; sampai dia bisa membuat sebuah cerita yang menarik: untuk dirinya dan para pembacanya.

Rezky Wiranti Dhike
Secerah mentari selembut embun pagi, aku Dhike.

Jikoshoukai Dhike sangat unik karena mengambil dua buah istilah untuk menggambarkan dirinya. Yang tidak kalah unik; kedua perumpamaan ini sama-sama ada saat pagi hari. Bagian pertama, kata ‘secerah mentari’ biasa disamakan dengan semangat baru untuk menghadapi hari yang akan dijalani. Dhike menggambarkan bahwa dirinya bisa menjadi penyemangat di pagi hari, sama seperti mentari yang cerah. Sebab orang yang memulai harinya dengan semangat lebih bisa menghadapi masalah-masalah berat dengan lebih jernih dan membagikan semangat itu kepada orang-orang sekitarnya. Apakah Dhike yang tidak fans kenal juga begitu? Membagikan semangat seperti matahari yang membagikan cahaya?

Embun adalah hasil ketika uap air melepaskan zat kalor (panas) dan mengalami proses fisika menjadi zat cair (air). Zat cair yang menempel pada benda itu lah yang disebut dengan embun. Proses pengembunan hanya terjadi pada pagi hari dan embun pagi biasa dikaitkan dengan sebuah harapan. Dhike menambahkan sebuah kata ‘selembut embun pagi’ yang bisa berarti ‘harapan yang dekat dengan kita’. Pepatah mengatakan harapan selalu datang pada pagi hari dan keberadaan Dhike diharapkan memberikan harapan untuk orang-orang yang memang sedang mencari itu. Sekali lagi, apakah sosok Dhike yang mungkin tidak diketahui fans seperti itu? Member secercah harapan di pagi hari yang ramah.
Jikoshoukai Dhike bisa berarti ‘Semangat! Jangan menyerah mengejar harapan di depanmu!’.

Rica Leyona
Seperti kopi aku segarkan hari-harimu, aku Rica.

Pemilihan kopi sebagai identitas Rica sangat tepat. Pengalamannya sebagai barista mungkin tidak selalu berguna dengan menjadi member JKT48; tapi Rica menjadi efek dari kopi itu sendiri bagi fans-fansnya. Pertama-tama efek caffeine dari kopi membuat orang menjadi lebih bersemangat dan lebih segar. Rica rajin memberi semangat pada fans-fansnya; dia percaya sepatah kalimat itu bisa membawa dampak lebih baik untuk orang dan dia terus melakukannya. Kedua, meminum kopi secara rutin bisa menjaga kesehatan dari penyakit-penyakit berat. Mungkin ini terlalu dipaksakan, tapi Rica menjaga relasi dengan fansnya; tidak dengan cara yang ekstrim tapi dengan takaran yang pas. Relasi inilah yang membuat orang bisa ‘bertahan’ lebih lama dalam menghadapi masalah. Itulah sebabnya, bagi beberapa fans keberadaan Rica memang seperti kopi bagi mereka.

Dari semua efek dan kegunaan kopi, Rica memilih satu bagian yang paling penting. Pemilihan kata ‘segarkan hari-harimu’ menggambarkan bagian diri Rica yang bersahabat dan ramah. Fans yang sudah pernah bertemu dengan Rica mungkin setuju kalau sosoknya jauh dari artis atau idol; dia lebih cocok dikatakan sebagai seorang teman, sahabat, kakak atau adik. Dengan menempatkan dirinya berada di lingkungan yang sama – orang dekat bagi kita; keberadaannya benar-benar membuat fans dan orang-orang yang mengenalnya untuk lebih menikmati hidup. Semuanya tidak terlepas dari bagian dirinya yang ramah dan bersahabat; membuat banyak orang menerima dirinya karena Rica peduli pada semua orang.

Source: http://kazurro692.tumblr.com

0 komentar:

Cookie Monster Sesame Street